Polsek Balongpanggang, Polres Gresik-Salah satu potensi masyarakat yang memiliki nilai penting di tengah masyarakat adalah keberadaan perguruan pencak silat. Perguruan pencak silat, selain melestarikan tradisi dan budaya asli Indonesia, juga berperan sebagai media menyalurkan bakat para remaja dan pemuda kearah yang lebih positif.

Masing-masing perguruan memiliki kode etik dan tata cara penerimaan calon warganya yang berbeda dan tentunya dengan seleksi yang cukup ketat. Setelah dinyatakan lulus, para siswa atau calon warga ini akan di wisuda sebagai penanda bahwa mereka telah dinyatakan sah sebagai warga perguruan pencak silat.

Bertempat di Pertigaan Desa Dapet di depan rumah warga rumah dijadikan titik kumpul dari anggota IKS PI kera Sakti yang akan berangkat kepedepokan induk di wilayah Madiun, sedikitnya 100 orang perguruan pencak silat IKSPI Kera Sakti yang berangkat ke Padepokan di wilayah kabupaten Madiun. Sabtu (17/11/2018).

Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, Polsek Balongpanggang Polres Gresik memberikan pengamanan sejak dari titik kumpul di rumah sdr. Jefri Andriawan di desa Brangkal kemudian bergabung dengan rombongan lain yang berada di titik kumpul di pertigaan desa Dapet Kecamatan Balongpanggang selanjutnya berangkat bersama-sama ke madiun. Mereka berangkat naik Mobil elf maupun Mobil pribadi dengan di kawal 2 unit mobil Patroli Polsek Balongpanggang yakni Mobil Patroli Panggang 822 yang di kendalikan Kapolsek Balongpanggang AKP TULUS. SH dan mobil Patroli Panggang 8.21 yang dikendalikan oleh Wakapolsek Balongpanggang IPDA SUKAMTO. SH.

Kapolsek Balongpanggang AKP TULUS, SH mengatakan, pengamanan dan pengawalan kegiatan wisuda seperti ini rutin dilakukan. Bukan hanya untuk satu perguruan pencak silat tapi keseluruhan perguruan pencak silat”.

Sebelum berangkat, para siswa mendapat arahan dari Kapolek Balongpanggang AKP TULUS, SH yang pada intinya menghimbau agar para siswa mengedepankan rasa perdamaian dan persaudaraan serta membawa nama baik IKSPI Kecamatan Balongpang khususnya Wilayah Gresik.

“Tunjukkan bahwa siswa dari Kecamatan Balongpanggang adalah siswa yang memiliki kualitas dan ahlak yang baik yang mencerminkan sikap damai dan toleransi.” Ujarnya

“Terakhir, hati-hati di jalan semoga selamat sampai tujuan dan kembali dalam keadaan sehat dan selamat dan jaga ketertiban di jalan” pungkas Kapolsek Balongpanggang

(Humas Polsek Balongpanggang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here